google

Rabu, 17 Maret 2010

tugas artikel struktur organisasi umum 2

TEORI ORGANISASI UMUM 2


KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini mencoba membahas dan menerangkan mengenai struktur organisasi, beserta dengan teori teori didalam nya, penuli berharap pembaca dapat memahami lebih lagi tentang organisasi dan pondasi di dalam suatu organisasi melalui tulisan yang singkat ini

Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.



Penulis,









i


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i

DAFTAR ISI ii

STRUKTUR ORGANISASI 1
- Ciri- ciri organisasi 1
- Sejarah perkembangan ekonomi 2

TEORI ORGANISASI 5

KESIMPULAN 9











ii
Struktur Organisasi

Seperti kita ketahui manusia adalah makhluk social yang senderung hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasik an kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan. Tetapi karena keterbatasan kemampuan manusia menyebabkan manusia tidak dapat mencapai tujuan tanpa kerja sama. Hal ini yangmendasari manusia untuk hidup dalam berbagai organisasi.
Organisasi mempunyai banyak definisi, Karena organisasi dapat di pandang dari berbagai perspektif, tetapi bagaimana pun juga ada semacam kesepakatan pendapat dalam kenyataan bahwa oraganisasi pada umumnya dikembangkan sebagai instrument bagi pencapaian tujuan dan cenderung muncul dalam situasi dimana orang- orang menyadari menfaat organisasi sebagai suatu jalan pelaksanaan kegiatan kolektif.
Ciri_ciri organisasi
a. Organisasi adalah lembaga social yang terdiri atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
b. Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
c. Organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
d. Organisasi adalah ind=strumen social yang mempunyai batasan yang ssecara relative dapat diidentifikasikan.
Ada beberapa macam difenisi organisasi, yaitu :
a. Menurut Ernest Dale
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan , pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suat kelompok kerja.
b. Menurut Cyril Soffer
Organisasi adalah perserikatan orang- orang yang masing- masing diberi peranan tertentu dalam suat sistem kerja dan pembagian dalam bagaimana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dinagikan diantara pemegang peranan dan kemudian digabung kedalam beberapa bentuk hasil.


1
c. Menurut Kast dan Rosenzweig
Medefinisikan organisasi sebagai :
- Suatu sub sistem dari lingkungan yang lebih luas.
- Terdiri dari orang-orang yangberorientasi pada tujuan.
- Suatu sub sistem teknik, yaitu orang-orang yang menggunakan pengetahuan teknik peralatan dan fasilitas.
- Suatu sub sistem structural yaitu orang- orang yang bekerja sama dalam berbagai kegiatan yang terpadu.
- Suatu sub sistem psikhisosial, yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan social.
- Suatu subsistem manajerial yang merencanakan dan mengendalikan semua usaha.
d. Definis organisasi secara umum
- Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan yang sama.
- Organisasi adalah orang- orang yang usahanya harus dikoordinasikan , tersusundari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan tergantung , bekerja sama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Teori Organisasi
Teori orgainisasi terbagi menjadi :
a. Teori Organisasi klasik
Teori kalsik ( classical theory ) kadang – kadang disebut juga teori tradisional, yang berisi konsep – konsep tentang organisasi mulai tahun seribu delapan ratusan ( abad 19 ).
Teori klasik mendefinisikan organisasi sebagai struktur hubungan , kekuasaan-kekuasaan, tujuan- tujuan, peranan – peranan, kegiatan- kegiatan, komunikasi dan faktor- faktor lain yang terjadi bila orang-orang bekerja sama.
Teori klasik berkembang dalam tiga aliran yang dibangun atas dasar anggapan –anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama yaitu :
- Teori birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of capitalism”


2
Karakteristik – karakteristik birokrasi menurut Weber adalah :
- Pembagian kerja yang jelas.
- Hirarki wewenang yang dirumuskan secara baik.
- Program rasional dalam pencapaian tujuan organisasi.
- Sistem prosedur bagi penangan situasi kerja.
- Sistem aturan yang mencakup hak-hak dan kewajiban – kewajiban posisi para pemegang jabatan
- Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal.


- Teori Administrasi.

Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari eropa serta Mooney dan Reiley dari Amerika.
Teori organisasi klasik sepenuhnya hanya menguraikan anatomi organisasi formal.

b.Teori Organisasi Neoklasik
Teori neoklasik secara sederhana dikenal sebagai teori /aliran hubungan manusiawi ( The human relation movement ), teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Anggapan teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawansebgai individu maupun sebagai bagian dari kelompok kerjanya, atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendefiniskan “ suatu organisasi “ sebagai suatu kelompok orang dengan tujuan bersama. Perkembangan teori neoklasik dimulai dengan inspirasi percobaan –percobaan yang dilakukan di howthome dan dari tulissan huga Munsterberg.
Dalam pembagian kerja , teori neoklasik telah mengemukakan perlunya hal-hal sebagai berikut :
a. Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
b. Perluasan kerja , sebagai kebalikan daripola spesialisasi
c. Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada para yunior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.


3
c. Teori Organisasi Modern
Teori modern kadang – kadang disebut juga sebagai analisa sistem pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen . teori modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai suatu kesatuan dan saling ketergantungan , yang didalam nya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan sistem terbuka .
Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi adalah sangat kompleks,dinamis,multilevel, multidimensional , multivarieabel dan probabilistic. Dengan analisa sistem teori organisasi modern mencoba untuk mencari jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang saling berhubungan, pertanyaan kunci tersebut diantaranya adalah :
a. Apa yang merupakan bagian – bagian strategis sistem.
b. Apa yang menyebabkan mereka saling berganntung.
c. Proses-proses inti apa yang menghubungkan bagian-bagian secara bersama-sama dan meberikan penyesuaian satu sama lain.
d. Tujuan apa yang hendak dicapai melalui sistem.













4
Kita akan mencoba melihat struktur organisasi dari ruang lingkup yang lebih kecil.
Teori organisasi

Melalui gambar diatas ini kita dapat melihat tiga pondasi penting di dalam suatu organisasi.
Struktur organisai menggambarkan bagaimana organisasi itu mengatur dirinya sendiri, bagaimana mengatur hubungan antar orang dan antar kelompok.
Asumsi dasar : perorganisasian yang merupakan proses logis dan rasional.
Jika tujuan dan sasaran telah di tentukan , maka akan di tetapkan pekerjaan yang harus dikerjakan , mengelompokan pekerjaan menjadi unit- unit yang logis, menentukan posisi-posisi di masing- masing unit untuk memetakan struktur sesuai tanggung jawabnya.
Teoti organisasi hanya terbatas pada struktur hubungan antar perorangan dan mengaggap organisasi itu sebagai suatu mekanisme untuk memndorong adanya kerjasama manusia.
Manajemen memandang organisasi itu umumnya sebagai suatu sarana untuk memperoleh output atau untuk mencapai suatu tujuan.
- Model dasar struktur organisasi
Struktur organisasi dapat didefinisikan sebagai mekanisme formal dengan organisasi yang dikelola.





5
Struktur organisasi menunjukan kerangka dan perwujudan pola tetap hubungan antar fungsi , bagian atau posisimaupun orang yang menunjukan kedudukan, tugas wewenang, tanggung jawab berbeda- beda dalam organisasi.
- Struktur organisasi
Struktur organisasi mengandung unsur-unsur spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi,sentralisasi,atau desentralisasi proses pembuatan keputusan dan besaran satuan kerja.
- Faktor utama perencanaan struktur organisasi
Strategi organisasi untuk mencapai tujuan . “ struktur mengikuti strategi”, strategi akan menjelaskan bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi dapat disusun diantara para manajer dan bawahan, aliran kerja sangat dipengaruhi oleh strategi sehingga bila strategi berubah, maka struktur organisasi juga berubah.
Teknologi yang digunakan . Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang – barang atau jasa akan membedakan bentuk struktur organisasi.
Anggota dan orang – orang yang terlibat di dalam organisasi . Kemampuan dancara berpikir para anggota serta kebutuhan mereka untuk bekerja sama harus diperhatikan.
Ukuran organisasi. Besarnya organisasi secara keseluruhan maupun satuan-satuannya akan mempengaruhi struktur organisasi.

- Lima aspek utama dalam struktur organisasi
1. Pembagian kerja
2. Manajer dan bawahan atau rantai perintah
3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
4. Pengelompokan segmen- segmen pekerjaan
5. Tingkatan menejemen.

Alasan perencanaan organisasi
Tingkatan kegiatan Alasan perencanaan
Perencanaan strategis Penetapan sasaran organisasi
Pendefinisian sumber daya
Pengendalian manajemen Pengalokasian sumber daya
Bagaimana sumber daya akan diperoleh , diorganisir, dan di pakai ,misalnya :
- Anggaran pengeluaran untuk modal
- Rencana sumber daya manusia
Pengendalian operasional Efisiensi prestasi
Penjadwalan kegiatan hari demi hari
Penentuan harga,tingkat produksi,tingkat persediaan.


6
Organisasi SIM dalam perusahaan
Faktor teknologis yang beerkaitan dengan efisiensi hardware dan software mempengaruhi bentuk organisatoris yang bisa berbeda dengan filsafat organisasi dan manajemen.
Manajemen sistem informasi mempunyai masalah khusus karena tingkat perubahan yang cepat di dalam teknologi perangkat keras dan perangkat lunak dank arena adanya kebutuhan akan kemampuan teknis untuk bisa menilai usulan sim.
4 Kedudukan dalam SIM berbasis komputer
Kedudukan dasar Uraian / Deskripsi
Analisa sistem Mengidentifikasi persyaratan untuk aplikasi .
Mendesain sistem pengolahan untuk memenuhi persyaratan. Mempersiapkan prosedur dan instruksi pemakai.
Programmer Mendesain, membuat kode,menguji dan memperbaiki program computer.
Operator Menjalankan fungsi pengoperasian seperti pengoperasian peralatan.
Data entry Penyiapan data dalam bentuk yang bisa di baca mesin.












7
Fungsi utama yang muncul
Kedudukan khusus Uraian / deskripsi
Analisi Informasi Bekerjasama dengan pemakai untuk mendefinisikan persyaratan informasi.Mengembangkan prosedur dan instruksi pemakai , memahami funsi organisasi, manajemen dan pembuatan keputusan dalam suatu organisasi. Memilik kecakapan untuk bekerja sama dengan orang lain.
Perencanaan sistem Mendesain sistem pengolahan berbasis computer untuk menyajikan informasi yang diberikan analisis informasi. Memerlukan kemampuan teknis yang lebih tinggi dibandingkan dengan analisis informasi, bisa mengkhususkann diri dalam bidang komunikasi data.
Pembuat program sistem Menulis perangkat lunak yang khusus seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data, memiliki kecakapan teknis dalam perangkat keras dan lunak.
Fungsi utama yang muncul
Kedudukan Khusus Uraian / Deskripsi
Pembuat program aplikasi Mendesain, membuat kode, menguji dan memperbaiki program untuk aplikasi. Beberapa instalasi memisahkan program dalam aplikasi komersial/bisnis aplikasi ilmiah dengan kelompok program yang terpisah untuk kedua jenis itu.
Pembuat program pemeliharaan Menyelenggarakan pemeliharaan, perubahan dan perbaikan atas program yang ada.
Database administrator Mencatat dan mengawasi pangkalan data perusahaan
Operator Komputer Mengoperasikan peralatan computer
Pustakawan Menyimpan dan mengeluarkan file computer pada pita dan piringan magnetic. Pendokumentasian file serta pencatatan pemakaian file.
Control clerk Mencatat pengawasan informasi dan meneliti pengawasan prosedur pengawasan
Perencanaan sistem informasi Merencanakan masa depan sistem informasi
8
KESIMPULAN


Dari pembahasan yang cukup ringkas ini , saya dapat mnyimpulkan bahwa didalam organisasi sangat penting sekali mendirikan suatu pondasi yang kuat yaitu struktur yang kuat, dilandasi dengan sebuah konsep yang jelas dan orang yang tepat,serta memiliki visi dan misi yang sama sehingga tujuan organisasi tersebut dapat tercapai tepat pada sasaran yang diingin kan.
Materi di dalam tulisan singkat ini sebagian saya kutip dari buku pedoman Universitas Gundarma, tulisan ini masih sangat jauh dari sempurna, sehingga kritik dan saran dari para pembaca sangat saya harapkan.
Untuk mengakhiri tulisan ini saya mengucapkan terimakasih bagi semua pembaca.















9
DAFTAR PUSTAKA

1. Widyatmini & Izzati A. Pengantar Organisasi dan Metode, Gunadarma, Jakarta, 1995.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar